Mengenal E-mail Sebagai Marketing Tools yang Efektif dan Efisien

No Comments

Meskipun perusahaan telah melakukan iklan di berbagai media, namun sebenarnya perusahaan tetap membutuhkan pemasaran melalui email. Pemasaran melalui email dibutuhkan karena memudahkan komunikasi, untuk memperkenalkan profil perusahaan, memberikan kesan sebagai perusahaan yang profesional, meningkatkan image perusahaan dan memberikan informasi-informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

Email marketing atau pemasaran melaui email merupakan kegiatan pemasaran dengan cara mengirimkan newsletter secara reguler ke calon konsumen (konsumen yang mendaftar dengan email untuk newsletter). Hal ini dianggap sangat membantu hubungan yang baik antara pelanggan dan penjual. Newsletter yang ada haruslah berupa iklan pendek, mudah dibaca, konsisten dan memiliki informasi yang menarik.

Indikator penting yang harus anda perhatikan sebelum mengirim Email Marketing adalah sebagai berikut:

  1. Offer (Penawaran): menarik atau tidaknya suatu produk yang ditawarkan dan harga yang ditawarkan sesuai dengan yang diterima.
  2. Internet/ website: daya tarik online store, kesesuaian informasi dengan kenyataan, informasi produk yang lengkap, kemudahan mengakses informasi.
  3. Waktu atau urutan komunikasi: kesesuaian antara isi email dengan kenyataan, pengulangan pertanyaan yang diajukan untuk memahami isi dari email.

Email marketing dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Surat elektronik promosi (email promotion)

Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan langsung melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan, biasanya berisikan informasi penawaran produk, diskon, musik gratis, voucer dan lain-lain.

  1. Retention-based e-mails (newsletter/nawala)

Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu berhubungan dengan urusan bisnisnya. Pengiriman newsletter secara teratur memungkinkan pihak yang terkait terjaga kelangsungan hubungannya dalam waktu yang lama.

Terdapat beberapa alasan mengapa email marketing menjadi salah satu strategi marketing yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Pelaku usaha dapat menulis pesan yang sesuai dengan pelanggan dan mengirim konten serta promosi yang sesuai dengan profil customer. Tentu saja akan ini akan berdampak baik karena pelanggan menerima informasi mengenai produk/jasa yang sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan.
  2. Email marketing mempunyai fitur “auto responder”, artinya apabila Anda ingin mengirimkan promosi kepada pelanggan pada hari-hari khusus, Anda tinggal membuat email berisi promosi dan atur jadwal untuk pengiriman.
  3. Cepat dan sederhana. email dapat dikirim dalam skala besar (banyak konsumen), konten atau isi dapat dibuat berbeda-beda sesuai dengan detail kontak konsumen. Hanya dengan menekan tombol kirim maka semua surat elektronik yang telah di desain langsung terkirim, begitu cepat.
  4. Email sebagai alat yang ideal untuk pemasaran langsung terutama dengan target pasar yang tersebar di beberapa lokasi geografis.
  5. Biaya yang dikeluarkan sangat murah dibandingkan dengan pilihan pemasaran tradisional seperti media cetak, televisi dan radio, Hemat biaya karena budget yang dikeluarkan per kontak surat elektronik ditambah dengan berlangganan bulanan aplikasi/layanan surat elektronik dan biaya koneksi yang digunakan untuk mendistribusikan surat elektronik sangat murah jika dibandingkan dengan media cetak dan ongkos pengirimannya.
  6. Membangun/menjalin hubungan, dengan mengirim surat elektronik kepada konsumen secara teratur dari waktu ke waktu. konsumen merasa diperhatikan, dimana hal tersebut merupakan kunci untuk menjalin hubungan.
  7. Meningkatkan traffic (tingkat/banyaknya kunjungan pengguna). email dapat membantu meningkatkan kunjungan pengguna internet ke website perusahaan hal ini terjadi ketika konsumen mengklik link konten yang mengarahkan ke website perusahaaan tersebut.

More from our blog

See all posts
No Comments