Memanfaatkan Fitur Live Streaming Sebagai Sarana Promosi Produk dan Jasa

No Comments

Untuk membangun sebuah usaha yang berkelanjuta, anda harus memiliki strategi agar produk dan jasa yang dipasarkan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Salah satu strategi yang umumnya dilakukan oleh suatu perusahaan adalah promosi untuk memperkenalkan produk dan jasa terhadap konsumen. Promosi dalam rangka pengenalan produk tentunya diharapkan dapat meningkatkan penjualan dari perusahaan itu sendiri.

Tujuan sebuah usaha melakukan promosi pertama – tama adalah untuk memperkenalkan produk dan jasa yang ditujukan untuk menciptakan brand awareness. Brand awareness ini penting untuk terus menerus dilakukan agar konsumen dapat mengenali produk dan jasa yang anda tawarkan

Di masa pandemic Covid 19, promosi dengan menawarkan produk dan jasa secara langsung tentu sulit untuk dilakukan. Namun dengan penggunaan teknologi, promosi saat ini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan banyak metode, salah satunya dengan melakukan live streaming. Tren live streaming sebagai upaya promosi sebebarnya mulai muncul sejak beberapa tahun lalu. Hasil survei yang dilakukan oleh IAB pada 2018 menyatakan bahwa terdapat peningkatan audiens yang mengakses live streaming sebanyak 47%. Pada 2019, Livestream merilis hasil survei yang menyatakan bahwa sebanyak 82% audiens lebih memilih konten berupa live streaming daripada konten post biasa. Diprediksi pada 2020 tidak kurang dari 82% traffic internet digunakan untuk mengakses live streaming. Berdasarkan hasil survei tersebut, sudah sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan siaran langsung atau live streaming sebagai salah satu upaya mempromosikan bisnis ataupun usaha anda.

Live streaming adalah konten video yang disiarkan langsung melalui internet dimana Anda tidak perlu melakukan editing dan post-production. Anda hanya perlu menyalakan kamera dan mulai merekam kapanpun anda mau dan dapat ditonton oleh siapapun. Saat ini ada banyak platform digital yang menyediakan layanan live streaming, misalnya youtube live, instagram, facebook dan lain sebagainya.

Melalui live streaming, anda dapat memperkenalkan produk anda dan dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Agar acara live streaming dihadiri oleh banyak audience, jangan lupa untuk menyebarkan acara anda melalui media sosial ataupun melalui surat elektronik.

Saat ini membuat acara secara live sangat mudah dan juga efisien. Mulai dari hematnya biaya yang dikeluarkan sehingga anda tidak perlu repot-repot menyewa suatu tempat atau studio untuk melakukan promosi terhadap produk anda. Anda hanya perlu memikirkan konten apa yang akan anda siarkan dan memilih platform media sosial mana yang akan anda pilih untuk melakukan live streaming,

Untuk lebih mudah dalam penyelenggaraannya, Anda juga bisa menggunakan bantuan pihak ketiga atau vendor yang dapat membantu Anda melakukan promosi bisnis anda secara online.

More from our blog

See all posts
No Comments