Memanfaatkan Content Sebagai Strategi Marketing Bagi UMKM

No Comments

Saat ini pemerintah Indonesia tengah mendorong pengembangan ekonomi digital salah satunya adalah dengan melakukan digitalisasi UMKM . Salah satu hal yang paling harus diperhatikan dalam UMKM go digital ini adalah formulasi konten atau pesan yang akan dikomunikasikan kepada audiens. Pesan atau konten merupakan unsur komunikasi yang sangat penting termasuk dalam komunikasi pemasaran. Konten ini kemudian lazim disebut content marketing.

Content Marketing adalah bentuk pengelolaan dari teks, rich media, audio dan konten video yang ditujukan untuk memikat konsumen dan prospek mereka untuk memenuhi tujuan bisnis melalui media print dan digital termasuk web dan mobile platforms yang bertujuan untuk mempersatukan bentuk-bentuk dari web presence yang berbeda seperti publisher sites, blogs, social media, dan comparison sites. Adapun contoh dari content marketing yang mampu menarik perhatian pelanggan yaitu:

  1. Laman situs

Dengan memanfaatkan SEO dalam membangun situs dapat meningkatkan jaminan mendapatkan kunjungan organik.

  1. Infografis

Infografis dapat dikatakan adalah versi trendi dari data statistik. Melalui data -data yang tampil dalam bentuk grafik, diagram, dan tampilan penuh informsi lainnya yang penuh warna dan didesain secara menarik, infografis menjadi alat efektif menarik perhatian konsumen

  1. Video

Video dapat merupakan model content marketing yang memiliki sifat viral. Ini bisa diliat pada video-video yang banyak beredar di internet meski usianya sudah tahun-tahunan. Video-video tersebut memiliki kekuatan content marketing paling baik dan yang menarik adalah membuat video tidak harus mahal dan sulit.

  1. Buku

Buku dalam hal ini dapat dijadikan artikel yang dapat menjadi alat pemasaran. Melalui artikel, entitas dalam tampilan individu atau perusahaan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan.

  1. Podcast

Perlu diketahui bahwa dari segmentasi pelanggan produk, ada juga subsegmentasi yang lebih mengandalkan pendengaran saat mengolah informasi atau mencari hiburan. Podcast merupakan alat yang sangat baik untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan auditori.

Selain itu penting bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi strategi marketing, adapun dimensi yang harus perusahaan evaluasi ketika menghasilkan sebuah konten, diantaranya yaitu:

  1. Reader Cognition.

Audiensi dari pembuat konten selalu beragam dalam cara mereka mencerna konten, maka keragaman dalam konten yang dibuat termasuk di dalamnya interaksi visual dan suara diperlukan untuk menjangkau semua pembacanya.

  1. Sharing Motivation.

Berbagi informasi sangat penting dalam dunia sosial untuk memperluas jangkauan perusahaan ke audiensi yang lebih luas dan relevan. Ada alasan khusus mengapa audiensi sebuah konten akan berbagi konten yang mereka baca atau lihat.

  1. Persuasion.

Hal ini merujuk pada bagaimana perusahaan membujuk audiensi konten mereka untuk berpindah dari satu pilihan ke pilihan berikutnya dalam proses mereka menjadi customer.

  1. Decision Making.

Setiap individu dipengaruhi secara berbeda-beda dari berbagai “kriteria pendukung” ketika membuat sebuah keputusan. Kepercayaan, fakta, emosi, dan efisiensi semuanya memainkan peran, dengan kombinasi di dalamnya. Oleh karena itu, dengan memiliki konten yang seimbang dengan memperhatikan “kriteria pendukung” tersebut merupakan praktik terbaik pada setiap bagian konten yang dihasilkan perusahaan.

  1. Factors.

Saat menulis konten, perusahaan sering tidak memikirkan faktor-faktor lain yang memengaruhi orang ketiga di luar konten yang didiskusikan oleh audiensinya. Setiap keputusan yang perusahaan buat tidak hanya dievaluasi secara pribadi oleh audiensi tetapi ada pengaruh teman, keluarga, dan lingkungan sosialnya

Adapun manfaat dari content marketing yang didapatkan bagi pelaku UMKM adalah:

  1. Content marketing memungkinkan untuk berinteraksi dan menjalin komunikasi yang lebih intensif dengan para penggunanya dengan lebih efektif dan efisien
  2. Biaya untuk menampilkan content marketing lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan iklan di berbagai media, karena content marketing hanya memerlukan platform digital
  3. Dengan mempublikasikan konten baru dan unik di situs yang dimiliki dan mempromosikannya di media sosial secara konsisten, berarti telah menciptakan lebih banyak peluang untuk audiens baru akan menjadi konsumen. Ditambah lagi jika membuat mereka merasa senang, mereka mungkin akan membantu menyebarkan berita tentang bisnis yang ditawarkan kepada teman-teman mereka, dan itu yang akan membantu perusahaan untuk menjangkau lebih banyak orang.
  4. Semakin banyak orang yang telah mengunjungi situs yang dimiliki dan melihat konten yang terdapat pada situs tersebut, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk dikonversi menjadi leads dan akhirnya menjadi konsumen.
  5. Jika membuat konten yang menarik, mungkin perusahaan tersebut akan ditanggapi dengan baik oleh pelanggan dan itu akan membuka pintu bagi perusahaan untuk terlibat dengan pelanggan secara langsung. Ini memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk lebih menyenangkan pembaca, baik dengan terus menghibur mereka atau menjawab pertanyaan spesifik yang mereka ungkapkan.

 

More from our blog

See all posts
No Comments