Mau Mengikuti Seminar Secara Daring? Pahami 5 Langkahnya

3 Comments

Di masa pandemi COVID 19 saat ini, pemerintah memutuskan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah di Indonesia. Pembatasan ini mengutamakan pembatasan jarak dan juga penyelenggaraan acara yang melibatkan banyak orang.

Namun pembatasan jarak terutama pembatasan penyelenggaraan acara yang melibatkan banyak orang, tidak kemudian membuat berbagai acara dan kegiatan seperti seminar, workshop, dan training menjadi berhenti. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai pembatasan ini adalah menciptakan kegiatan secara Daring atau Online.

Teknologi yang semakin berkembang menjadi salah satu alat bantu agar anda dapat menyelesaikan berbagai aktivitas dan pekerjaan dengan cepat. Dengan perkembangan teknologi yang terus terjadi dan adanya kebutuhan untuk tetap menyelenggarakan kegiatan tatap muka dengan tetap menjaga jarak maka, segala kendala tersebut dapat diatasi dengan Webinar. Melalui webinar, anda dan rekan – rekan kerja anda tetap dapat melakukan kegiatan tersebut meski dilakukan dengan lokasi yang berbeda – beda.

Webinar itu berasal dari 2 kata yaitu Web dan Seminar. Webinar sendiri dapat diartikan sebagai suatu suatu seminar, workshop, ataupun training yang dilakukan secara online atau daring yang dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi yang berbeda. Melalui Webinar ini, Anda dapat berinteraksi secara langsung, melalui gambar (video) ataupun text (chat).

Sebelum mengikuti webinar, maka ada 5 hal yang perlu anda persiapkan yaitu:

  1. Komputer atau Laptop, meski anda dapat menggunakan ponsel pintar, namun sangat disarankan untuk tetap menggunakan Komputer PC atau Laptop. Selain fitur lebih lengkap, anda juga akan lebih nyaman untuk mengikuti rangkaian kegiatan.
  2. Browser yang sudah terinstal. Kami merekomendasikan anda menggunakan browser Chrome, Firefox atau Microsoft edge
  3. Koneksi Internet yang stabil. Sebaiknya Anda menggunakan koneksi internet yang stabil, karena webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan koneksi yang stabil.
  4. Kamera, Microphone, dan Speaker dalam posisi Aktif. Jika Anda menggunakan Laptop, pastikan kamera anda berjalan dan menyalakan microphone. Kamera berguna jika anda ingin menampilkan wajah anda ketika proses tanya jawab atau diskusi
  5. Email Aktif Anda, biasanya saat melakukan pendaftaran Webinar, Anda membutuhkan Email Aktif

More from our blog

See all posts