6 Manfaat Dari Menyelenggarakan Webinar

No Comments

Di masa pandemi covid-19 saat ini menuntut seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga jarak (physical distancing) dan membatasi mobilitas atau ruang gerak. Seluruh bidang kehidupan merasakan dampak dari masa pandemi ini baik sektor ekonomi, politik, sosial dan pendidikan, selain itu banyak kegiatan-kegiatan di masyarakat yang terkena dampaknya seperti seminar, workshop, presentasi yang melibatkan banyak orang.

Oleh karena itu, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dalam melakukan kegiatan yang dilakukan secara langsung dan tatap muka agar beralih menjadi menjaga jarak bahkan tidak bertemu secara langsung.  Salah satu cara untuk memudahkan komunikasi yang dapat dilakukan ialah dengan memanfaatkan teknologi yakni melakukan webinar.

Webinar adalah gabungan dari ‘web’ dan ‘seminar’ yang berarti seminar melalui internet. Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam website seminar (Webinar), antara lain audio, video, dan gambar, yang ditransmisikan melalui webcam pada perangkat computer atau laptop. Maka dapat dikatakan bahwa webinar itu adalah suatu seminar, presentasi, pengajaran ataupun workshop yang dilakukan secara online, tatap muka secara online yang disampaikan melalui media internet dan dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi berbeda-beda.

Selain itu webinar juga dapat menjadi salah satu platform untuk menyikapi situasi bagi seseorang yang bekerja secara online, mobile dan jam kerja yang sangat padat. Sesuai dengan pengertian di atas ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan webinar sejalan dengan anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak (physical distancing) dan menghindari kerumunan guna memutus penyebaran Covid-19.

Untuk menyelenggarakan webinar, Anda dapat memperhatikan beberapa hal, yakni:

  1. Peserta akan tertarik pada webinar yang memiliki topik atau judul sesuai dengan latar belakang perkerjaan dan ketertarikan mereka. Judul atau topik yang relevan, akan menambah minat peserta webinar dan bisa mencapai tujuan dari webinar yang diharapkan.
  2. Narasumber yang memiliki ilmu pengetahuan dan keahlian yang relevan. Kemampuan narasumber ditunjukkan melalui kompetensi akademis yang dimiliki dan penguasaan dalam memberikan jawaban terkait topik webinar tersebut.
  3. Tampilan power point yang menarik, juga berpengaruh pada peserta memahami konten materi yang disampaikan, tidak hanya mendengarkan, akan tetapi menggunakan indra penglihatan dan pendengaran untuk belajar.
  4. Ingatlah bahwa narasumber hanya dapat mempresentasikan sekitar 25% lebih sedikit informasi secara online dibandingkan dengan seminar tatap muka pada durasi yang sama, oleh karena itu fokus mempresentasikan pada materi yang paling penting dan bermanfaat.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas, maka tentu saja pelaksanaan webinar akan berjalan dengan baik, sehingga informasi dan ilmu pengetahuan akan tersampaikan dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh peserta webinar.

Selain itu, manfaat dan kelebihan menyelenggarakan webinar ialah:

  1. Menghemat Biaya dan Praktis karena tidak harus mengeluarkan biaya seminar seperti Seminar pada umumnya.
  2. Waktu dan Tempat Fleksibel oleh karena itu peserta webinar dapat mengikuti webinar dimanapun tempatnya asalkan memiliki koneksi internet yang stabil.
  3. Webinar memungkinkan untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa perlu bertatap muka secara langsung termasuk dengan narasumber.
  4. Administrasi dapat dilakukan dengan mudah dan pendaftaran peserta dapat dilakukan secara otomatis melalui aplikasi webinar
  5. Penyelenggara dapat memperbolehkan memutar kembali isi rekaman webinar dikemudian hari melalui link webinar atau platform YouTube apabila peserta berhalangan mengikuti webinar tersebut
  6. memungkinkan untuk komunikasi real time dan sinkron antara pembicara dan pendengar

More from our blog

See all posts
No Comments