Yuk Kenali Ragam Jenis Iklan Digital!

No Comments

Promosi (promotion) adalah usaha atau upaya pelaku usaha untuk memajukan bidang usaha dan meningkatkan perdagangan, jika dihubungkan dengan bidang penjualan berarti sebagai alat untuk meningkatkan omzet penjualan. Promosi mencakup semua jenis alat promosi yang peran utamanya adalah lebih mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk. Bauran promosi atau promotion mix terdiri dari lima alat yaitu sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing dan iklan. Namun, iklanlah yang paling banyak digunakan khususnya untuk produk konsumsi, karena merupakan sarana untuk membantu pemasaran yang efektif untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan konsumen.

Jika dibandingkan dengan media tradisional, pemasangan iklan melalui internet tidak hanya sebagai media komunikasi dua arah, tetapi juga dapat digunakan untuk pengumpulan, penyimpanan informasi, penerimaan pesanan sampai pembayaran dari konsumen. Kekuatan internet sebagai media penyebaran informasi sangat relevan, selain kecepatan juga kelebihan share yang bisa dilakukan oleh konsumen menjadi fitur perpanjangan tangan dari promosi suatu produk.

Tujuan komunikasi perusahaan dalam memasang iklan di internet mencakup: penyebaran informasi, menciptakan kesadaran, tujuan riset, menciptakan persepsi, percobaan produk, meningkatkan pelayanan, dan meningkatkan distribusi. Selain itu terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus memasang iklan secara online:

  1. Iklan dapat di update setiap waktu dengan biaya minimal karena itu iklan – iklan di internet selalu bisa tampil baru
  2. Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global
  3. Iklan online kadang – kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, Koran, atau radio
  4. Iklan pada internet dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik dan animasi.
  5. Iklan pada internet sedang berkembang dengan pesatnya.
  6. Iklan pada internet dapat dibuat lebih interaktif dan dibidikkan ke kelompok – kelompok tertentu dan/atau perorangan.

Adapun beberapa jenis dari iklan yang ditayangkan secara online dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Iklan langsung (direct advertising)

Pada jenis iklan ini, biasanya pemasang iklan akan langsung berhubungan dengan pemilik media online seperti pada media konvensional. Pemasang iklan akan memberikan materi iklan untuk diunggah pada media online. Iklan seperti ini dapat ditemukan pada suatu website dan dapat pula ditemukan pada suatu blog. Bentuk iklan ini dapat berupa gambar atau teks atau merupakan penggabungan antara gambar dan teks. Ukuran iklan tergantung pada ruang yang tersedia dan juga besaran nilai kontrak antara pemasang iklan dengan pemilik media. Semakin besar ukuran iklan dan semakin lama waktu tayang maka nilai kontrak akan semakin besar.

  1. Iklan layanan sendiri (self-service advertising)

Pada jenis iklan ini, materi iklan, penempatan iklan, tampilan dan teks di dalam iklan dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan. Pengerjaan ini dilakukan secara online sehingga tampilan iklan ini perlu diperhatikan berkali-kali setelah diunggah agar mempunyai tampilan yang lebih menarik. Hal yang unik dari jenis iklan ini adalah pemasang iklan dapat lebih spesifik menentukan target pasar produk, dapat lebih memilih tata letak iklan dan hanya membayar iklan yang dilihat oleh konsumen (diklik konsumen).

  1. Display advertising

Iklan ini bertujuan untuk mengenalkan produk atau brand awareness. Iklan yang sering disebut dengan iklan pop-up yang banyak berisikan grafik dari pada teks.

  1. Rich media advertising

Rich media advertising adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai pengalaman media yang menawarkan pengalaman interaktif yang disempurnakan. format iklan yang beragam seperti banner, interstitial advertising, wallpaper advertising, trick banner, video advertising dan lain-lain.

  1. Translation

Iklan ini muncul ketikan konten lain sedang loading (antar page), sedangkan superstitial adalah semacam mini video advertising yang muncul ketika pergerakan mouse pengunjung dari satu bagian ke bagian yang lain.

  1. E-mail advertising

Kegiatan iklan ini dilakukan dengan cara mengirimkan newsletter secara reguler ke calon konsumen, baik itu menyangkut produk serta informasi lain yang berhubungan dengan perusahaan.

  1. Advertorial

Advertorial merupakan jenis iklan yang dikemas dalam gaya jurnalistik dan ditulis dalam bentuk editorial atau artikel yang memuat informasi mengenai kegiatan perusahaan atau review keunggulan sebuah produk disertai fakta empiris dan informasi yang berguna

  1. Mobile advertising

Mobile advertising merupakan transmisi iklan yang mengandung pesan yang terkait dengan produk, layanan, dan pendapat untuk tujuan promosi melalui perangkat seluler. Mobile advertisement merupakan iklan yang ditampilkan dalam berbagai variasi bentuk seperti musik, suara, atau tulisan, melalui terminal telekomunikasi mobile. Memiliki kelebihan utama yaitu dapat melakukan one-to-one marketing dan mass marketing secara bersamaan.

More from our blog

See all posts
No Comments