Yuk Kenali Bentuk-Bentuk dari Company Profile!

No Comments

Suatu perusahaan tentunya harus menyebarkan suatu informasinya kepada khalayak umum demi kebutuhan promosi agar produk-produk yang ditawarkan bisa dikenal oleh masyarakat umum. Kumpulan data-data perusahaan yang perlu diketahui oleh khalayak umum seperti sejarah berdirinya, visi dan misi, struktur organisasi, produk yang ditawarkan, dan lain-lain yang dikemas dalam satu media yaitu company profile. Selain itu Company profile merupakan penjelasan mengenai perusahaan termasuk produknya secara verbal maupun grafik yang mengangkat corporate value dan product value serta keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing berdasarkan kedua value tersebut. Company profile mempunyai banyak sekali manfaat bagi perusahaan, salah satunya adalah dapat dimanfaatkan sebagai marketing tools.

Dengan memanfaatkan company profile sebagai marketing tools, maka tentu saja brand awareness terhadap perusahaan Anda akan meningkat, dimana brand awareness merupakan sebuah modal yang penting, karena merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Menyadari akan pentingnya brand awareness dalam mempengaruhi niat beli dan keputusan pembelian konsumen menyebabkan banyak perusahaan yang melakukan promosi dengan cara-cara yang kreatif dan berlomba-lomba untuk meraih top of mind di benak konsumen.

Sebagai perusahaan tentu saja Anda ingin memiliki company profile yang menarik dan profesional sehingga dapat terbangun citra perusahaan yang besar dan bonafid di mata publik, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui dan memanfaatkan bentuk-bentuk dari company profile, yaitu:

  1. Text company profile

Company profile dengan media cetak merupakan jenis yang paling umum dipakai. Company profile dengan bentuk cetak mengutamakan tulisan, gambar serta desain yang menarik. Selain itu yang harus diperhatikan adalah keruntutan penyampaian, redaksional yang rapi dan penggunaan kata-kata yang mudah dipahami. Biasanya company profile cetak ini hanya diberikan kepada publik tertentu, seperti pemegang saham, kreditor, badan pemerintahan, dan publik lainnya yang mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan.

  1. Graphic company profile

Graphic company profile bersifat lebih variatif daripada bentuk teks karena menggabungkan unsur teks dan gambar/foto/ilustrasi secara harmonis. Apabila digunakan sebagai marketing tool, graphic company profile dapat muncul dalam berbagai bentuk desain cetak, seperti: katalog, booklet, brochure, flyer, leaflet, printed map dengan variasi warna, ukuran, media cetak, hingga finishing.

  1. Interactive company profile

Company profile jenis ini merupakan salah satu inovasi terbaru dalam dunia company profile. Berbasiskan konsep interaktif, jenis company profile ini menitikberatkan pada keinteraktifan, sehingga penikmat company profile lebih terlibat untuk memilih informasi yang dibutuhkan. Jenis Company Profile ini dapat diaplikasikan di berbagai macam media seperti di handphone atau tablet yang Anda miliki. Salah satu kelebihan dari interactive company profile adalah fleksibilitasnya, terutama terkait dengan update karena apabila terjadi dinamika perusahaan, perusahaan dapat melakukan perubahan sendiri secara cepat, tepat, efektif, dan efisien.

  1. Online company profile

Online company profile adalah company profile dalam bentuk website yang memiliki keunikan dan warna perusahaan. bentuk dari company profile ini bersifat multimedia karena merupakan kombinasi gambar bergerak, foto, teks, grafik hingga suara latar yang disajikan secara menarik. Online company profile juga merupakan sebuah inovasi menarik dalam sebuah pencarian bentuk company profile yang lengkap, informatif, accessible, dan efisien.

  1. Video company profile

Company profile ini lebih bersifat multimedia yang dibangun dari sebuah konsep dan storyboard. Umumnya video company profile ini berdurasi singkat, sehingga konsepnya harus benar-benar bagus yang artinya penyampaian pesan jelas dengan tampilan yang sedikit untuk menghemat durasi.

More from our blog

See all posts
No Comments