Waktunya Bisnis Anda Go Digital!

No Comments

Revolusi industri 4.0 memberi dampak bagi perilaku masyarakat terhadap ekonomi. Didorong oleh semakin berkembangnya teknologi, perilaku masyarakat juga turut berubah. Saat ini masyarakat lebih senang memanfaatkan teknologi untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sebagai akibat dari perubahan perilaku tersebut, para pelaku usaha juga wajib beradaptasi dengan pola dan perilaku masyarakat dengan cara go digital.

Pada sebuah kesempatan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  mengatakan bahwa setidaknya sebanyak 16 persen dari 64,2 juta pelaku UMKM atau sekitar 10 juta pelaku UMKM telah go digital.

Untuk merespon perkembangan pesat dunia bisnis yang menggunakan platform digital, Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini dibutuhkan kehadiran KPPU untuk memastikan mekanisme persaingan usaha bekerja dengan baik, menciptakan budaya berbisnis yang sehat, hingga meningkatkan daya saing di antara pelaku usaha.

Persaingan sehat diantara pelaku usaha dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dan untuk lebih mengoptimalkan bisnis, para pelaku usaha sudah harus mengoptimalkan bisnisnya dengan go digital. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan bisnis di dunia digital yang berkembang pesat, yaitu:

  1. Menggunakan media sosial

Saat ini data dari Hoootsuite menjelaskan jika pengguna aktif media sosial mencapai 170 juta jiwa, artinya peluang di media sosial sangat besar. Usahakan membuat content pada media sosial yang memuat tentang informasi-informasi menarik dan menyenangkan. Content dapat berbentuk tulisan, gambar atau video, karena content akan mempengaruhi target pelanggan terhadap keputusan pembelian.

  1. Mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan di mesin pencari yang sesuai dengan kata kunci pada website. Oleh karena itu gunakan kata kunci umum yang sering dipakai pelanggan sehingga besar kemungkinan website akan sering dikunjungi.

  1. Jangan lupa untuk website usaha

Untuk mendukung teknik SEO diatas maka, Website usaha anda harus mempunyai design yang menarik, informatif dan efektif. Design ini digunakan untuk meningkatkan kemungkinan pelanggan akan mengunjungi website kembali.

  1. Menggunakan email Perusahaan

Pastikan saat mengirim email kepada pelanggan pada waktu yang tepat dan kirim pesan yang dipersonalisasi agar dapat meningkatkan kesadaran terhadap kredibilitas perusahaan dan mengarahkan pelanggan untuk membeli produk atau jasa.

More from our blog

See all posts
No Comments