Saran dan Tips Untuk Hemat Budget Perkawinan

No Comments

Banyak perubahan yang kita rasakan semenjak munculnya Pandemi covid-19 di Indonesia. Perubahan ini terutama dipicu dengan pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah. Segala perubahan yang terjadi ini dapat memberikan peluang peluang baru sekaligus tantangan untuk masyarakat dapat beradaptasi dengan wabah yang masih berlanjut.

Beragam inovasi baru juga terus berkembang, salah satunya inovasi dengan menggunakan bantuan teknologi. Suka tidak suka, penggunaan teknologi secara masif di Indonesia adalah kenyataan yang tidak lagi bisa dihindarkan.

Salah satu dampak dari pembatasan sosial adalah perkawinan. Pada umumnya, perkawinan di Indonesia tidak hanya merupakan perkawinan antara 2 orang manusia namun lebih jauh perkawinan adalah saran untuk merekatkan dua keluarga besar dari masing – masing calong pengantin.

Karena perkawinan antar keluarga besar, mau tidak mau, calon pengantin harus mengundang para tamu dalam perkawinan dalam jumlah yang cukup besar. Jumlah tamu undangan yang besar pastinya berdampak pada biaya pesta perkawinan yang akan dilangsungkan.

Nah, sejak pemerintah memberlakukan pembatasan sosial karena adanya wabah covid 19, pelaksanaan perkawinan akhirnya juga wajib beradaptasi. Secara ekonomis, adaptasi ini tentu memberikan penghematan bagi para calon pengantin  yang akan melangsungkan perkawinan.

Suatu saat, wabah covid 19 juga akan berlalu. Namun apakah adaptasi dalam pelaksanaan perkawinan selama masa pembatasan sosial juga akan berlalu?

Pada masa PPKM seperti saat ini, pelaksanaan perkawinan ternyata bisa dilakukan dengan metode yang lebih hemat biaya. Kami mencatat ada 3 hal yang sebenarnya tetap bisa dilakukan, meski wabah covid 19 akhirnya selesai di Indonesia, diantaranya adalah:

Membuat E-undangan Sendiri

Kalau dulu undangan perkawinan harus dicetak, saat ini undangan perkawinan bisa dibuat secara elektronik. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu anda untuk membuat E-undangan. Meski anda mungkin menggunakan aplikasi yang gratis, tapi templatenya tetap banyak yang menarik dan dapat anda gunakan. Cara mengirimkan undangan juga mudah, anda tinggal menggunakan aplikasi pesan instan agar dapat mengirimkannya kepada keluarga dan sahabat. Ingat kirimnya jangan pakai bulk message ya. Kirimlah undangan tersebut secara personal.

Live Straming Pernikahan dengan Menggunakan Instagram Live

Moment perkawinan seharusnya merupakan moment yang intim yang terjadi tidak hanya bagi calon pengantin namun juga keluarga dan sahabat dekat. Tapi pengumuman perkawinan tetap wajib difasilitasi agar khalayak tahu, jika telah terjadi perkawinan 2 anak manusia.

Saat ini, pengumuman tersebut bisa dilakukan secara live melalui beragam aplikasi yang mudah juga digunakan. Anda bisa menggunakan Instagram Live untuk menyiarkan perkawinan yang sedang berlangsung, sehingga kolega, rekanan, dan relasi dapat turut menyaksikan momen bahagia yang tercipta dalam perkawinan.

Caranya juga mudah, cukup gunakan ponsel dan akun instagram, serta pastikan baterei ponsel tetap terisi daya yang cukup untuk menyiarkan perkawinan tersebut.

Biaya Katering dan Dekorasi

Untuk biaya catering, anda bisa meminta pihak hotel atau restaurant untuk memberikan dalam snack box atau nasi kotak untuk keluarga yang hadir secara langsung pada acara pernikahan anda hal ini bisa menghemat budget tentu juga menghindari penularan covid 19.

Biaya dekorasi saat ini banyak vendor yang menawarkan biaya yang cukup terjangkau untuk paket pemberkatan atau akad.

 

More from our blog

See all posts
No Comments