Rebranding Bisnis Perlu Gak Sih?
Rebranding Bisnis Perlu Gak Sih?
Branding dianggap sebagai salah satu aset perusahaan yang paling berharga dan hal yang penting dalam membangun sebuah bisnis. Sebelum berbicara soal rebranding harus dipahami terlebih dahulu apa itu branding? 
 
Menurut Alina Wheeler, branding merupakan salah satu proses disiplin yang membangun kesadaran konsumen dan memperpanjang kesetiaan konsumen. Dengan adanya branding, akan memperbesar peluang untuk konsumen harus menggunakan satu merek tertentu daripada merek yang lain. 
 
 
Rebranding menjadi penting karena tanpa kita sadari persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, apalagi ditambah kondisi pasar yang berkembang secara dinamis. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda disarankan untuk melakukan branding ulang/rebranding:
 
  1. Repositioning
 
Dengan melakukan rebranding akan membantu saat sebuah brand menarik costumer dari kalangan baru/target pasar baru sehingga perlu dibarengi dengan inovasi yang dilakukan. Misalnya menciptakan produk, kemasan, logo dan karakteristik yang baru.
 
  1. Produk Baru
 
Keberagaman produk yang dijual seiring berjalannya bisnis membuat brand yang ada saat ini tidak lagi sesuai dengan produk-produk baru yang ditawarkan.
 
  1. Mirip Brand Lain
 
Jika brand Anda memiliki kemiripan logo yang serupa dengan brand lain, bisa jadi brand Anda akan terlihat tidak otentik bahkan bisa terjerah masalah hak cipta.
 
  1. Merger
 
Pada situasi yang serba tidak pasti, terkadang merger dengan perusahaan lain dapat menjadi solusi yang lebih sehat. Ketika hal ini terjadi, seringkali dua pihak ingin memiliki brand yang baru dan hal ini dapat dirumuskan dengan melakukan rebranding suatu produk.
 
  1. Memperbaiki Reputasi
 
Kadangkala terdapat brand yang terlanjut rusak citranya karena satu dan lain hal, kemudian ini yang membuat suatu brand memiliki reputasi yang buruk berhasil bangkit dengan melakukan rebranding.
 
Nah, berikut beberapa alasan yang harus kamu ketahui sebelum melakukan rebranding. Jangan lupa, semakin baik brand identity yang ditunjukkan perusahaan ke konsumennya, maka makin besar pula trust konsumen terhadap perusahaan tersebut.
 
Bila anda mulai tertarik untuk melakukan rebranding terhadap produk Anda namun jika anda masih kesulitan dalam memulainya, anda bisa berkonsultasi dengan kami.

 

Minta Penawaran!