Peran Penting Brand Identity Untuk Meningkatkan Keberhasilan Suatu Bisnis

No Comments

Identitas merek (brand identity) adalah seperangkat asosiasi merek yang unik yang diciptakan oleh para penyusun strategi merek. Asosiasi-asosiasi ini mencerminkan kedudukan suatu merek dan merupakan suatu janji kepada pelanggan dari anggota organisasi. Identitas merek akan membantu kemantapan hubungan di antara merek dan pelanggan melalui proposisi nilai yang melibatkan manfaat fungsional, manfaat emosional atau ekspresi diri.

Brand identity merupakan dasar bagi konsumen dalam mengenali dan membedakan sebuah brand dengan brand yang dimiliki oleh kompetitor. Brand identity merupakan kumpulan dari aspek-aspek yang bertujuan untuk menyampaikan latar belakang merek, prinsip-prinsip merek, tujuan dan ambisi dari merek itu sendiri mengandung inti dari nilai-nilai, yang disebut identitas. Oleh karena itu sebuah brand identity yang dibuat harus berkesan, autentik, bermakna, berbeda dari yang lain, berkelanjutan, fleksibel dan menambahkan nilai dari suatu brand.

Adapun beberapa elemen penting pada brand identity yang harus diperhatikan oleh pelaku bisnis, yaitu:

  1. Nama Brand, yang pertama dan mungkin ekspresi terbesar atau wajah dari suatu produk. Nama yang dipilih dengan baik untuk suatu perusahaan, produk, atau jasa dapat menjadi aset berharga, seperti halnya brand itu sendiri. Nama brand akan digunakan dalam segala bentuk komunikasi antar perusahaan dengan konsumen prospektifnya.
  2. Logo, yaitu tampilan grafis dari nama merek atau perusahaan. Kekuatan logo tidak boleh dianggap remeh karena manusia cenderung menjadi lebih mudah menerima citra dan simbol dibanding yang lainnya, logo yang kuat dapat memberi kohesi dan membangun kesadaran identitas brand, memudahkan pengenalan dan ingatan kembali.
  3. Slogan (Tagline) yaitu kalimat yang mudah dikenal dan diingat yang sering kali menyertai nama brand dalam program komunikasi pemasaran. Tujuan utama slogan adalah mendukung citra merek yang diproyeksikan oleh nama dan logo merek.
  4. Kisah merek yaitu cerita kehidupan suatu perusahaan atau produk yang dapat menjadi pendorong berkembangnya suatu produk atau perusahaan. Jika Anda ingin brand menjadi benar-benar spesial, Anda perlu memiliki kisah semacam legenda tentang bagaimana perusahaan dimulai.

Ada beberapa manfaat dari brand identity yang dialami oleh pelaku bisnis, apabila membuat brand identity yang berkesan dan menarik, yaitu :

  1. Brand identity dapat meningkatkan kesadaran merek, pengakuan merek dan meningkatkan loyalitas konsumen yang akan berpengaruh kepada keberhasilan perusahaan. Karena tujuan brand identity dibuat untuk membentuk relasi dengan konsumen yang akan membentuk aspirasi konsumen terhadap merek tersebut.
  2. Dengan brand identity yang menarik maka akan tercipta citra merek atau brand image yang baik, dimana citra dari sebuah merek dapat membangun kepercayaan merek dan mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian barang dan jasa.
  3. Brand identity yang memiliki brand image yang baik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pada brand, Semakin baik brand identity yang ditunjukkan perusahaan ke konsumennya, maka makin besar pula trust konsumen terhadap perusahaan tersebut. Hal inilah yang perlu diperhatikan perusahaan dalam membangun mereknya. Karena konsumen akan percaya kepada sebuah merek dan perusahaan jika perusahaan tersebut sudah terbukti memiliki brand identity yang baik dan terjamin.

Dengan brand identity yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand, maka tentu saja akan berpengaruh juga pada repurchase intention atau niat untuk membeli ulang suatu konsumen dan jasa yang akan mendorong keberhasilan suatu perusahaan

More from our blog

See all posts
No Comments