Memanfaatkan Virtual Event Sebagai Strategi Marketing

No Comments

Suatu perusahaan membutuhkan strategi untuk membuat perusahaannya berbeda dengan yang lain dan lebih menonjol dalam persaingan usaha. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melaksanakan sebuah acara atau events. Studi menunjukkan bahwa penyelenggaraan events adalah bagian dari strategi marketing yang telah dikenal sejak tahun 1980-an. Event marketing adalah jenis promosi dimana perusahaan atau merek dikaitkan dengan suatu acara atau kegiatan yang memiliki tema dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman bagi konsumen dan promosi sebuah produk atau jasa. Pada intinya event merupakan sarana untuk memperkenalkan brand image sebuah produk secara langsung.

Namun di masa pandemi ini Indonesia menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dimana saat ini seluruh kegiatan dibatasi dan harus menerapkan protokol kesehatan serta menjaga jarak. Oleh karena itu cara yang tepat untuk melakukan event marketing di masa pandemi ini adalah dengan melakukan virtual events.

Menurut Cvent ebook (2020) Virtual event adalah pengalaman individu seseorang mengalami sebuah event dengan konten online dan tidak berkumpul bersama. Virtual bukan merupakan pengganti event yang lain namun merupakan tipe baru dan menambah luas dari jenis tipe event. Adapun tipe dari virtual event adalah:

Webinar

biasanya berlangsung 45-80 menit, dapat menampung peserta dari seluruh belahan dunia, dapat dilaksanakan secara gratis ataupun berbayar. Webinar biasanya menggunakan perangkat video conference dengan menyediakan fitur tanya jawab, dapat berupa siaran langsung atau direkam sebelumnya, sesuai dengan nature awalnya yang bersifat edukatif, webinar berkembang ke arah 100% virtual.

Virtual Conferences

Sama  halnya  dengan  conference  seacara  fisik, virtual conferences disusun dengan agenda yang kompleks termasuk keynote namun dilaksanakan menggunakan sebuah media seperti teleconference atau video conference sehingga semua peserta dari berbagai lokasi dapat bergabung.

Podcasts

Podcast adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. Podcast biasanya menawarkan tiap episode dalam format file yang sama, seperti audio atau video, sehingga pelanggan selalu bisa menikmati program tersebut dengan cara yang sama. Sebagian podcast, seperti kursus bahasa meliputi beberapa format file, seperti video dan dokumen agar pengajaran berjalan lebih efektif.

Online trainings dan workshops

Training atau pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang merupakan sarana pembinaan dan pengembangan karir serta salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Online trainings dan workshops biasanya dilakukan melalui webinars, sesi tanya jawab, dan membagi materi dalam bentuk PDF atau presentasi.

More from our blog

See all posts
No Comments