Manfaat Company Profile Sebagai Marketing Tools

No Comments

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan kerja sama dalam lingkup dalam perusahaan, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya di luar lingkungan perusahaan misalnya investor, pelanggan/klien, dan pelamar kerja, dll. Company profile merupakan pencitraan dari profesionalitas sebuah perusahaan yang dapat digunakan sebagai marketing tool yang efektif karena terdapat unsur visual berupa gambar dan teks, terlebih lagi jika ditambahkan unsur multimedia yang lain akan membuat desain company profile terlihat lebih menarik dan dapat membuat klien terkesan.

 

Ada banyak hal yang bisa ditulis dalam company profile. Tetapi, secara umum isi company profile mencakup:

  1. Sejarah perusahaan, mencakup antara lain pendiri perusahaan, jajaran direksi, proses perkembangan, dll.
  2. Filosofis perusahaan, bisa disebut pandangan atau ideologi dasar-dasar perusahaan.
  3. Budaya perusahaan, adalah nilai-nilai kunci dan konsep bersama yang membentuk citra anggota organisasi terhadap organisasinya. Misalnya: Etos kerja tinggi, maju untuk semua, dll.
  4. Sambutan dari pimpinan (direktur utama dan komisaris utama) tentang segala hal yang sangat berpengaruh pada aktivitas perusahaan dan rencana jangka panjang.
  5. Identitas perusahaan, termasuk di sini logo, uniform, interior gedung dan kantor, kualitas cetakan atau kualitas audio visualnya.
  6. Visi, misi, strategi perusahaan, termasuk komitmen perusahaan untuk meraih kemajuan. Ini menunjukkan bahwa operasional perusahaan dilakukan tidak sembarangan, tetapi melalui perencanaan yang matang dan seimbang.
  7. Alamat cabang-cabang. Semakin banyak cabang perusahaan di beberapa wilayah menujukan jalur distribusi yang merata. Pada akhirnya mencerminkan kebersamaan dan prestise perusahaan.
  8. Gambaran tentang SDM, menceritakan orang-orang dibalik operasional perusahaan, siapa saja figur pengendali di jajaran manajemen termasuk tokoh berpengaruh di masyarakat yang berkaitan dengan perusahaan.
  9. Sistem pelayanan dan fasilitas yang disediakan. Dalam persaingan pada saat ini, pelayanan pelanggan memegang kunci strategis. Gambaran kelebihan perusahaan dari sisi yang membedakan dengan kompetitor.
  10. Prestasi dan keunggulan perusahaan, termasuk segala hal yang telah dilakukan perusahaan untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat menuntut bukan hanya kualitas produk atau jasa, tapi juga apa yang bisa dilakukan perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  11. Laporan perkembangan perusahaan (annual report), termasuk informasi keuangan perusahaan.
  12. Deskripsi tentang produk-produk dan jasa utama yang ditawarkan.
  13. Program pengembangan dimasa mendatang.

Apabila suatu perusahaan mempunyai company profile yang lengkap seperti di atas, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan. Adapun manfaat dari company profile, yaitu:

  1. Memberikan kesempatan bagi calon pembeli untuk mengetahui tentang perusahaan dan memungkinkan interaksi langsung dengan sales atau marketing
  2. Dengan menggunakan template company profile yang tepat dan efektif, dapat meningkatkan rasa ingin tahu pelanggan yang dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis
  3. Menghemat waktu transaksi pihak-pihak lain yang berkaitan dengan bisnis perusahaan tidak perlu menanyakan secara detail tentang informasi perusahaan karena hal itu sudah dicantumkan di dalam company profile
  4. Membangun identitas dan citra korporat company profile yang dikemas menarik, detail, jelas, dan mewah mencerminkan image perusahaan di mata publik sebagai perusahaan yang besar dan bonafid
  5. Mendekatkan perusahaan dengan lingkup segmen pasar baru yang penting dalam pertumbuhan bisnis. Hal ini dapat diarahkan kepada investor potensial (mencari pendanaan) maupun ditujukan kepada pelanggan baru (untuk memperluas bisnis atau mencari sumber daya baru dalam hal ini SDA maupun SDM yang berkualitas yang dapat membantu pertumbuhan dan perluasan perusahaan.

More from our blog

See all posts
No Comments