KSI Cipta Media Fasilitasi Elsam Selenggarakan Pelatihan Perlindungan Data Pribadi
KSI Cipta Media Fasilitasi Elsam Selenggarakan Pelatihan Perlindungan Data Pribadi
Kekosongan hukum pelindungan data pribadi yang komprehensif telah memunculkan sejumlah permasalahan dalam penanganan kebocoran data pribadi. Oleh karena itu Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) menyelenggarakan Pelatihan “Memastikan Pelindungan Data Pribadi dalam Pemrosesan Data Pribadi di sektor Pelayanan Publik” dan Pelatihan “Memastikan Pelindungan Data Pribadi dalam Pemrosesan Data Pribadi di Universitas”.
 
Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada 16 November 2021 hingga 25 November 2021 diikuti oleh 17 sektor pemerintahan seperti Dinas Pemerintah Daerah Kab/Kota berbagai daerah di Indonesia yang mengelola data dan sistem informasi di bidang (1) Komunikasi dan Informatika, (2) Kependudukan dan Catatan Sipil, dan (3) Kesehatan dan 26 Universitas swasta maupun negeri di seluruh wilayah Indonesia.
 
Training yang dilakukan oleh Elsam ini bertujuan memberikan pemahaman mendasar terkait pelindungan data pribadi, mulai dari konsep, sejarah, hingga instrumen pelindungan data pribadi, mendiskusikan prinsip-prinsip, definisi dan jenis data pribadi, dasar hukum pemrosesan, serta hak-hak dalam pelindungan data pribadi dan memberikan pemahaman terkait peran dan tanggung jawab aktor-aktor dalam pelindungan data pribadi, serta peran penting Otoritas Pelindungan Data Pribadi.
 
Dedy Dewantoro, Chief of Operation & Strategic Partnership KSI menyatakan jika pihaknya berbangga diri telah dipercaya untuk memfasilitasi ELSAM dalam penyelenggaraan pelatihan tersebut. Dedy juga berharap jika melalui pelatihan ini, selain untuk meningkatkan pemahaman tentang perlindungan data pribadi juga dapat mendorong beragam upaya dan inisiatif untuk memperkuat perlindungan data pribadi yang dilakukan secara lebih maksimal di Indonesia.
 
Ia sendiri menjelaskan jika KSI memiliki komitmen kuat untuk mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh banyak pihak untuk memperkuat pengetahuan masyarakat terutama yang berkaitan dengan hukum, pembangunan, dan hak asasi manusia di Indonesia. Pelatihan tentang Perlindungan data pribadi adalah bagian dari upaya memperkuat pengetahuan masyarakat sekaligus juga para penyelenggara administrasi pemerintahan untuk dapat mendorong terwujudnya tata kelola perlindungan data pribadi yang lebih baik
 
“KSI selalu percaya jika upaya untuk menciptakan iklim berusaha yang positif di Indonesia juga memerlukan kemampuan literasi yang baik dari masyarakat, termasuk literasi untuk memahami regulasi yang berlaku, khususnya mengenai perlindungan data pribadi”, tutup Dedy

 

Minta Penawaran!