Begini Perbedaan Meeting Online dan Webinar

1 Comment

Munculnya Pandemi Covid 19 telah mengubah cara orang berkomunikasi termasuk mengubah cara mengadakan rapat dan kegiatan semacam seminar. Kebijakan lockdown atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Indonesia, memang membuat ruang gerak manusia berkurang drastis.

Karena warga diminta untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, maka penggunaan internet terutama teknologi video conference ataupun webinar menjadi melonjak. Melalui penggunaan teknologi persoalan jarak dan tempat menjadi tidak lagi relevan karena bisa dijembatani melalui Video Conference ataupun Webinar

Lalu Apa Perbedaan Video Conference dan Webinar?

Banyak anggapan bahwa video conference ataupun meeting online sama dengan webinar. Padahal asumsi ini tidaklah benar. Meskipun video conference ataupun meeting online dan webinar memungkinkan orang untuk berinteraksi namun keduanya memiliki perbedaan tujuan dan juga teknis.

Meeting Online/Video Conference

Meeting online atau video converence adalah kegiatan melakukan diskusi dan kolaborasi melalui aplikasi dimana setiap orang dapat mendengarkan dan berbicara satu sama lain dan dapat melakukan interupsi suara/gambar. Meeting Online umumnya digunakan untuk kelompok kecil hingga besar dengan peserta lebih dari 2 orang yang sifatnya tertutup

Webinar

Webinar adalah seminar informatif yang disiarkan melalui web ataupun aplikasi dengan peserta yang lebih terbuka. Webinar umumnya digunakan untuk edukasi, talkshow, seminar, training, dan kegiatan besar lainnya yang terbuka yang dihadiri lebih dari 50 orang. Peserta melakukan pendaftaran webinar melalui halaman pendaftaran khusus dan menghadiri acara webinar sesuai waktu yang ditetapkan.

Selama webinar berlangsung penyelenggara menyampaikan presentasi kepada audiens. Peserta hanya dapat mendengarkan. Peserta dapat mengetik dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara menggunakan opsi Tanya Jawab di jendela khusus. Peserta dapat melalui interupsi suara/gambar jika dijinkan oleh penyelenggara

Singkatnya?

Secara singkat perbedaan antara meeting online / video conference dan webinar adalah mengenai interaksi peserta. Pada meeting online/video conference peserta dapat saling berinteraksi satu sama lain sedangkan dalam webinar peserta tidak dapat langsung berinteraksi.

Jika diterapkan di lingkungan kampus, maka meeting online ataupun video conference adalah bentuk pertemuan antara dosen pembimbing dengan mahasiswa, sementara webinar lebih dekat dengan kuliah virtual.

Nah kalau mau webinar, ada penawaran menarik nih, mulai dari 150 ribu rupiah per bulan

More from our blog

See all posts