5 Fungsi Kartu Nama Versi Digital

No Comments

Pada abad ke-17 di Inggris, para pedagang telah terbiasa membagikan kartu yang berisi tentang informasi mengenai nama usaha, layanan yang diberikan dan detail lokasi usahanya. Kartu nama versi abad ke-17 tersebut ternyata memiliki karakteristik yang sama dengan kartu nama yang digunakan oleh banyak orang sekarang ini. Meski saat ini ukuran kartu nama relatif kecil, namun kartu nama dapat berisi informasi penting. Adapun informasi penting yang terdapat pada kartu nama adalah:

  1. Logo perusahaan
  2. Nama perusahaan
  3. Website atau media sosial perusahaan
  4. Nama dan posisi jabatan
  5. Informasi kontak

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka informasi yang ada di media kartu nama konvensional tersebut dapat dialihkan ke suatu media elektronik. Pengalihan ini akan menimbulkan akibat yang baik, karena informasi pada kartu nama digital dapat diisi dengan foto, audio, video dan design graphic yang disampaikan lebih interaktif dan lebih lengkap serta dapat memanjakan mata.

Fungsi kartu nama konvensional yang biasa kita kenal ternyata tidak berbeda jauh dengan fungsi kartu nama digital diantaranya adalah:

  1. Citra bisnis sangat penting pada impresi pertama, dengan mempunyai kartu nama bisnis menunjukkan bahwa pelaku usaha bersifat lebih kredibel dan terlihat profesional.
  2. Untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis, dengan design kartu nama yang menarik dan informatif maka akan lebih mudah seseorang untuk mengingat suatu merek bisnis.
  3. Kartu nama sangat penting pada bisnis internasional, banyak negara di Asia yang menggunakan kartu nama salah satunya adalah Jepang, di negara ini pertukaran kartu nama merupakan bukti dimulainya hubungan bisnis secara formal.
  4. Kartu nama merupakan cara marketing yang paling efektif. Email marketing, SEO dan media sosial merupakan cara yang bagus untuk menarik pelanggan namun cara yang paling efektif pada saat pertemuan adalah saling bertukar kartu nama.
  5. Pembuatan kartu nama relatif murah, oleh karena itu kartu nama dapat dijadikan salah satu cara untuk marketing pada usaha-usaha kecil yang mempunyai anggaran terbatas.

More from our blog

See all posts
No Comments