3 Tools Dasar Untuk Memperkenalkan Kantor Hukum Anda!
3 Tools Dasar Untuk Memperkenalkan Kantor Hukum Anda!

Membangun sebuah kantor hukum tentu memerlukan banyak persiapan, terutama agar dapat bersaing dengan kantor hukum yag telah ada sebelumnya. Meski citra dari pendiri kantor hukum menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah kantor hukum, namun terdapat juga hal lain yang dapat mendukung kantor hukum anda untuk sukses dan bertahan lama

 

Salah satu yang harus diperhatikan adalah mengenai manajemen kantor hukum. Manajemen kantor hukum sangat bergantung pada tipe kantor hukum yang hendka anda bangun. Misalnya jika bentuk kantor hukum anda adalah praktisi tunggal tentu manajemen kantor hukum yang anda lakukan berbeda apabila kantor hukum anda telah memiliki banyak advokat.

 

Manajemen kantor yang baik tidak hanya mampu untuk membuat sebuah kantor hukum bertahan namun juga memastikan kualiatas pelayanan jasa hukum yang dapat diandalkan. Karena itu anda tidak hanya perlu menyusun tujuan pendirian kantor hukum anda namun juga perlu untuk menyusun rencana strategis dari kantor hukum anda.

 

Hal lain yang juga penting dipikirkan adalah bagaimana strategi untuk memperkenalkan kantor hukum anda. Dengan teknologi dan berbagai kemudahan yang saat ini tersedia, anda dapat membangun reputasi kantor hukum anda dengan membangun ruang promosi untuk kantor hukum anda sendiri.

 

Memiliki Website

 

Berdasarkan data yang disuguhkan oleh We Social, pengguna internet Indonesia mencapai 204,7 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah penduduk. Dengan penetrasi internet yang sedemikian tinggi, pencarian jasa atau produk, akan sangat mengandalkan mesin pencari di Internet.

 

Sebagaimana layaknya calon pembeli, calon klien anda juga akan melakukan pencarian jasa hukum melalui internet. Dalam sebuah riset di 2019 ditemukan jika 57% calon klien mencari jasa seorang Advokat secara langsung. Metode yang digunakan untuk mencari jasa seorang advokat melalui mesin pencari (17%) dan mengunjungi website kantor hukum (17%).

 

Karena itu, memiliki sebuah website ataupun memiliki landing page adalah sebuah keharusan jika anda serius untuk memulai membuka jasa hukum secara profesional.

 

Aktif di Media Sosial

 

Untuk dapat memperkenalkan kantor hukum anda, selain memiliki website, anda juga perlu untuk aktif di media sosial. Salah satu media sosial yang harus anda pertimbangkan adalah memiliki linkedin page.

 

Kenapa Linkedin page? Linkedin telah dikenal luas sebagai platform sosial bagi para profesional. Karena itu jika calon klien hendak mencari advokat yang dapat dipercaya dan diandalkan, mereka akan memeriksa dengan baik profil linkedin dari Advokat tersebut ataupun Linkedin page dari kantor hukum anda.

 

Membuat profil linkedin bagi kantor hukum anda akan memperkuat kepercayaan dari para calon klien dari kantor hukum anda.

 

Daftar di Direktori Bisnis

 

Dalam industry jasa hukum, lalu lintas calon klien yang terjadi secara online didapatkan melalui mesin pencari, media sosial, dan juga website. Namun, jangan lupa jika membuat rujukan juga bagian penting untuk meningkatkan performa dari kantor hukum anda, terutama performa secara online.

 

Salah satu yang patut anda pertimbangkan untuk mengembangkan rujukan adalah direktori bisnis. ICJR saat ini sedang mengembangkan direktori pencarian jasa hukum. Anda dapat melakukan pendaftaran di direktori tersebut dan aktif dalam forum konsultasi online yang tersedia melalui platform tersebut.

 

Minta Penawaran!